Rabu, 12 November 2014

ETIKA POLITIK DAN ANALISIS KEBIJAKAN KENAIKAN BBM

Nama : Mutia Handayani
NPM :35412173
Kelas : 3ID04

PEMBAHASAN

                                                             
1.1               Pengertian Etika Politik
            Etika dan politik terdapat hubungan yang pararel yaitu hubungan tersimpul pada tujuan yang sama-sama ingin dicapai , tujuan yang ingin dicapai oleh etika dan politik adalah terbinanya warga negara yang baik , yang susila , yang setia pada negara. Dari semua tujuan tersebut merupakan tanggung jawab dan kewajiban moral dari setiap warga Negara sebagai modal pokok untuk membentuk suatu kehidupan bernegara berpolitik yang baik dan rohani.
            Pengertian politik dalam proses pemakainnya dewasa ini sudah terasa sangat jauh menyimpang atau jauh lebih luas dari pengertian asalnya, konsekuensinya adalah timbul perasangka sikap sinis , sikap muka dua. Disamping timbulnya sikap pura-pura bidang politik ,atau orang yang berkecimpung dalam bidang ini. Kaitannya dengan pancasila maka etika politik dengan rasa etik tidak lain adalah etika Pancasila . Pancasila sebagai etika politik bagi bangsa dan negara Indonesia adalah etika yang dijiwai oleh falsafah negara Pancasila. yaitu:
1.      Etika yang berjiwa Ketuhanan yang Maha Esa
2.       Etika yang berprikemanusiaan
3.      Etika yang dijiwai oleh rasa kesatuan nasional
4.       Etika yang berjiwa demokrasi
5.      Etika yang berkeadilan social

1.2               Nilai Etika dalam Pancasila
            Etika memberi manusia orientasi bagaimana ia melakukan semua tindakan sehari-hari yang menjadi pegangan. Adapun nilai-nilai etika yang terkandung dalam pancasila tertuang dalam berbagai tatanan sebagai berikut:
1.      Tatanan bermasyarakat
2.       Tatanan bernegara
3.      Tatanan kerjasama antar negara atau tatanan luar negeri
4.      Tatanan pemerintah daerah
5.      Tatanan hidup beragama
6.      Tatanan bela negara
7.      Tatanan pendidikan
8.      Tatanan berserikat
9.      Tatanan hukum dan keikutsertaan dalam pemerintah
10.  Tatanan kesejahteraan social

1.3               Etika dalam Kehidupan Kenegaraan dan Hukum
            Etika adalah sebuah cabang filsafat yang berbicara mengenail nilai dan moral yang menentukan perilaku manusia dalam hidupnya, manusia dalam hidupnya tidak terlepas dari bantuan orang lain untuk itu manusia perlu hidup berkelompok yang menampilkan insane berfikir dan sekaligus sebagai insane usaha.
Memberikan analisis terhadap kenegaraan tidak lepas kaitannya dengan hukum. negara adalah status hukum suatu illegal society hasil perjanjian bermasyarakat. Pada umunya kegiatan kenegaraan kaitannya dengan hasil perjanjian bermasyarakat orang beranggapan bahwa kegiatan kenegaraan meliputi
1.      Bentuk hukum atau kewenangan legislatif
2.      Menerapkan hukum atau kewenangan eksekutif
3.      Menegakkan hukum atau kewenangan yudikatif
Oleh sebab itu analisis negara tidak dapat dipisahkan dari analisis tata hukum, dapat dikatakan bahwa etika dalam kehidupan kenegaraan dan hukum tidak lepas dari analisis fungsi kenegaraan, system pemerintah, hak dan kewajiban warga negara dan penduduk yang semua diatur dalam etika kenegaraan dan tatanan hukum sebuah negara.

1.4               Evaluasi Kritis Penerapan Etika dalam Kehidupan Kenegaraan
            Terdapat etika dalam kaitannya dengan nilai dan norma yaitu etika deskriptif yaitu berusaha meneropong secara kritis dan rasional sikap dan pola perilaku manusia dan apa yang dikejar oleh manusia dalam hidupnya. Dalam etika ini membicarakan mengenai penghayatan nilai, tanpa menilai, dalam suatu masyarakat tentang sikap orang dalam menghadapi hidup dan tentang kondisi-kondisi yang mungkin manusia bertindak secara etis. Etika normatif adalah etika yang berusaha menetapkan berbagai sikap dan pola perilaku ideal yang seharusnya dimiliki oleh manusia dan tindakan apa yang seharusnya diambil. Dalam etika ini terkandung norma-norma yang menuntun tingkah laku manusia serta memberi penilaian dan himbauan kepada manusia untuk bertindak sebagaimana yang ada dalam norma-norma. Sesuai dengan pola pendekatan etika kritis dan rasionel, etika menuntun orang untuk mengambil sikap dalam hidup. Dengan etika deskriptif, manusia disodori fakta sebagai dasar mengambil putusan tentang sikap dan perilaku yang akan diambil, sedangkan etika normatif manusia diberi norma sebagai alat penilai atau dasar dan kerangka tindakan yang akan diputuskan.

1.5               Etika Kehidupan Bangsa
            Bangsa Indonesia adalah pluralitas atau bermacam-macam seperti suku, budaya, ras, bahasa dan sebagainya. Anugerah tersebut harus disyukuri dengan cara menghargai kemajemukan tetap dipertahankan, sejak terjadi krisis multidimensional muncul ancaman yang serius terhadap persatuan bangsa yang disebabkan oleh beberapa faktor baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri. Dengan demikian melalui ketetapan MPR/VI/MPR/2001 telah menetapkan tentang etika kehidupan bangsa untuk diamalkan oleh seluruh bangsa Indonesia. Tap tersebut disusun disusundengan maksud untuk membantu menyadarkan tentang arti penting tegaknya etika dan moral dalam kehidupan berbangsa, sedang tujuannya adalah agar menjadi acuan dasar meningkatkan kualitas manusia yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia serta kepribadian Indonesia dalam kehidupan berbangsa . Pokok etika dalam kehidupan berbangsa mengedepankan kejujuran, amanah, keteladanan, sportifitas , disiplin , etos kerja, kemandirian, sikap toleransi, rasa malu, tanggung jawab, menjaga kehormatan serta martabat diri sebagai warga negara Indonesia. Macam-macam etika dalam berbangsa meliputi :
1.      Etika sosial dan budaya
2.      Etika politik dan pemerintahan
3.      Etika ekonomi dan bisnis
4.      Etika penegakan hukum yang berkeadilan
5.      Etika keilmuan
6.      Etika lingkungan

1.6               Analisis Pro dan Kontra Kenaikan BBM Pro
Kita semua tahu, BBM yang merupakan hasil kekayaan alam bangsa Indonesia. Hasil kekayaan alam yang dapat punah dan tidak dapat diperbaharui. Musti dihemat penggunaannya, kalo perlu dicarikan energi pengganti sehingga nantinya dapat dinikmati oleh anak cucu kita sebagai generasi penerus bangsa. Selain itu, BBM merupakan sumber energi bagi berputarnya roda kehidupan sosial, politik dan ekonomi bangsa. Tanpa BBM, kehidupan rakyat akan sangat sulit karena segala aktifitas yang berlangsung dimuka bumi banyak ditentukan oleh BBM itu sendiri.
Apabila terjadi kenaikan harga BBM, sudah barang tentu harga-harga kebutuhan pokok, seperti: kebutuhan sandang, papan dan pangan juga akan naik. Kenaikan kebutuhan pokok banyak dipicu oleh kenaikan harga BBM itu sendiri. BBM saat ini masih menjadi primadona sumber energi bagi kendaraan bermotor dan perindustrian yang ada di dunia. Berbeda dengan sumber energi pengganti, seperti: energi gas, energi cahaya matahari dan energi nuklir masih belum sepenuhnya  atau masih kecil pemanfaatannya untuk segala aktifitas yang berlangsung di muka bumi. Untuk itu, mari kita sama-sama berhemat dalam menggunakan BBM.
Jika dikaitkan dengan rencana 3 sampai 4 tahun kedepan, pemerintah akan menghapus kelangsungan BBM bersubsidi secara bertahap adalah sudah tepat, karena selama ini BBM bersubsidi sangat memberatkan dan menjadi beban pengeluaran APBN bangsa. Dengan adanya penghapusan BBM bersubsidi secara bertahap hingga dihapus secara menyeluruh, maka APBN bangsa Indonesia lambat laun akan menjadi sehat pula, apalagi kalau pengalokasiaannya pada pembelian kebutuhan-kebutuhan yang bermanfaat, demi terciptanya kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia dari Sabang hingga Marauke.
Sementara untuk Sumber Daya Alam bangsa Indonesia, seperti: Minyak, Nikel, Batubara dan lain sebagainya, dalam kenyataannya memang banyak melimpah, namun bangsa Indonesia belum mengelola secara optimal. Dengan pengelolaan secara baik, diharapkan akan menjadi nilai lebih bagi peningkatan pendapatan perkapita bangsa Indonesia. Sebaliknya bangsa Singapura yang hanya memiliki Sumber Daya Alam sedikit bahkan bisa dibilang tidak memiliki Sumber Daya Alam, mereka mampu memiliki pendapatan perkapita 13 kali lipat lebih besar dari pendapatan perkapita bangsa Indonesia. Hal ini dapat dilakukan negara Singapura karena bangsa Singapura mampu membangun infrakstruktur, membangun Sumber Daya Manusia dan mengolah Sumber Daya Alam secara efektif, efesiensi dan seoptimal mungkin. Walaupun Singapura harus mengimpor Sumber daya Alam dari negara lain. Mereka mampu mengolah bahan mentah menjadi bahan jadi, dengan kriteria memiliki daya saing dan nilai jual di pasaran international.
Dengan melihat pendapatan perkapita bangsa Indonesia tersebut, perlu kiranya pemerintah mengantisipasi dengan mencari peluang, inovasi dan alternatif sehingga pendapatan perkapita bangsa Indonesia juga akan meningkat seperti yang dimiliki oleh pendapatan perkapita bangsa Singapura. Dengan demikian, apabila harga-harga kebutuhan pokok naik, maka rakyat tidak akan menjerit dan keberatan bahkan malah mendukung kebijakan pemerintah.

Mengenai opini saya terhadap pro dan kontra masyarakat terhadap kenaikan harga BBM yang diterbitkan pemerintah, jika dikaitkan dengan pelaksanaannya di lapangan. Menurut saya, keputusan pemerintah menaikkan BBM adalah sudah benar dan sesuai dengan hati nurani rakyat bangsa Indonesia. Walaupun dalam kenyataan, ada sebagian kelompok yang tidak setuju dan netral terhadap keputusan kenaikan BBM yang diterbitkan pemerintah. Mereka tidak setuju, lantaran mereka mungkin sudah begitu berat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarganya, selain itu BBM bersubsidi juga banyak dimanfaatkan golongan menengah keatas, sementara golongan menengah kebawah harus menanggungnya. Ada juga yang setuju atau tidak setuju karena adanya iming-iming dan tekanan dari kelompok sosial politik tertentu guna alasan tertentu dari kelompoknya, serta mungkin yang netral atas segala keputusan yang diterbitkan pemerintah. Sedangkan saya secara pribadi sangat setuju akan keputusan yang diterbitkan pemerintah, menaikkan BBM bersubsidi secara bertahap 3 sampai 4 tahun kedepan. Namun hendaknya tetap dicari solusi dan alternatif guna meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia selama berlangsungnya kenaikan harga BBM secara bertahap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar